Hi Everyone !!!

Saya menulis ini bukan berarti saya merasa sudah mastah.... Tapi saya ingin berbagi sesuatu yg mudah mudahan bermanfaat sekalian ngerjain tugas heuheu :v

Bagi kamu yg pengen ngegambar digital tapi gak punya pentab dan pc... jangan bingung! (sebenarnya saya juga sempet bingung,ga punya duid buat beli pentab :"v curhat dikit heu)
Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggambar digital pake hp android smartphone mu. Eitss.. Hp nya ga usah harus yg mahal kok hp dibawah sejuta kayak saya juga bisa heuheu..

Nah.. sebelum ke gambar digital lebih baik kamu belajar dulu ngegambar di kertas.. Belajar dasar dasarnya dari proporsi,anatomy,light dll. Karena nantinya bakal susah kalo langsung belajar digital tanpa belajar dulu tradi.

Alat yg dibutuhkan :
1. Smartphone android
2. Kertas dan alat tulis
3. Jari :v (kalo mau pake stylus its ok)

Disini saya akan menggunakan aplikasi android LayerPaintHD. Karena ukuran kecil banget gak boros kuota ngedonlodny,gak makan memori dan RAM lalu gak ribet dan mudah dipahami.

Cara menggambar digital di Android



> Membuat lineart


1. Buat dulu sketsa di kertas lalu difoto.


2. Buka aplikasi LayerPaintHD lalu pilih opsi  Import/export lalu pilih Import from galery lalu pilih gambar sketsa yg telah difoto tadi.


3. Kurangi opacity pada layer gambar yg telah diimport. Kemudian buat layer baru diatas gambar sketsa yg tadi di import. (And... when I flip it.... :"v asdfghhkkl *depressed)


4. Pada layer lineart  jiplak gambar sketsa dengan menggunakan pencil. Kalo saya pake ukuran 1.3 dan 1.6 dengan opacity 70 persen. (kamu boleh membuat layer lineart yg banyak kalau sudah selesai tinggal disatukan dengan cara, buka titik tiga di ujung kanan aplikasi lalu pilih layer>merge down)



*Ketika men-tracing sketsa... gunakan flip agar kesalahan kesalahan pada sketsa terlihat dan kamu bisa menggunakan selection lalu transform untuk mengubah bentuk lineart.
*Tips agar mata dan dagu tampak depan seimbang. Duplicate layer mata atau dagu lalu pilih layer>flip horizontaly lalu move.
*Tips biar lineart rapih gimana??
Kuncinya "SABAR" serius loh :"v Usahakan membuat lineart dengan sekali tarik.
tambahkan tebal tipis di lineart (inking) agar lineart terlihat lebih menarik.

5. Setelah lineart selesai ubah blend mode nya menjadi multiply. Buat apa???? Buat apa hayooo?? *dilempar shuriken

6.Buat layer baru diatas lineart. Fill secara penuh dengan warna merah marun. Lalu clipping diaktifkan pada layer.



jadi dahhhhh..... Ini emang agak beda sama sketsanya.. karena ini sudah dikoreksi pas lining nya. Jujur saya gak suka proses lining. Saya sukanya bikin base color pake bucket :"v

Yosh... kalau udah lineartnya yok ahh ke coloring...
Sebelumnya ada hal hal yg perlu diketahui dalam coloring....

1. Bucket : untuk bikin base color. Bucket digunakan di bawah layer lineart. Pastikan lineartnya gak bocor. Dan biasanya agak gak rapi sedikit kalo pake bucket jadi tetep harus dirapihin dikit (nah saat itu saya merasa jengkel).

2. Clipping : untuk menyisipkan layer ke layer yang dibawah (layernya bisa banyak). Jadi kalo shading pake layer yg diclippingkan, warnanya gak akan meleber kemana mana tepatnya gak keluar dari base color.
3. Lock alpha: fungsinya sama kayak clipping tapi hanya berlaku di satu layer.
4. Opacity : untuk ngatur ketipisan layer. Makin diperkecil opacitynya layernya jadi makin tembus pandang.
5. Blend mode : mmm apa yah.. sulit dijelaskan.. cobain aja sendiri :"v.

2. Coloring
Saya akan menjelaskan bagaimana saya mewarnai dengan style saya.... Ini bukan satu satunya cara untuk mewarnai digital. Tapi ini bisa dijadikan sebagai referensi sajah .. 'v'
Pertama bikin base color.. pisahkan layer pada setiap part... contohnya gini nih...



-Coloring mata

1. Buat layer clipping lalu pakai watercolor soft dengan opacity yg dikurangi pake warna biru lalu tambahkan airbrush warna hitam yg super tipis di atas bagian mata.

2. Buat lagi layer clipping lalu pakai airbrush warna putih yg tipis dengan blend mode add/emit


 3. Buat lagi clipping layer lalu tambahkan warna biru muda dengan blend mode lighten dan opacity 36 persen. (brush:watercolor soft opacity 80)

 4. Buat layer lagi tambahkan lagi blink blink dengan warna putih dengan blend mode lighten dan opacity 49 persen ((brush:watercolor soft dengan opacity disesuaikan)
 5. Buat layer lagi lalu tambahkan warna biru muda dengan blend mode add/emit, opacity 28 persen. brush : airbrush dengan opacity disesuaikan)
 6. Tambahkan blink warna putih di layer paling atas (pokoknya di atas lineart) brush : watercolor soft opacity 80 persen)..... udaaahh jadiii/////

-Coloring Rambut

1. Buat layer baru. Lalu buat base shading pakai brush : watercolor soft opacity 80 persen
2. Merge down layer di atas base color lalu aktifkan lock alpah lalu mix pake warna yg lebih gelap atau terang. brush : watercolor soft dengan opacity disesuaikan kebanyakan mah pake 80 persen)


 3. Buat layer baru (you can see the opacity and blend mode :'v) Lalu tambahkan glowing di rambut sama edges nya. brush: watercolor soft opacity 80 persen)


4. Yasshhh ini terakhir tambahkan gelap terang pakai airbrush. Bagian terangnya pakai layer add/emit warna gelapnya pakai layer multiply..... Jadi dah.....



-Coloring Baju 

Untuk coloring baju saya cukup buat layer clipping lalu buat base shading lalu merge down lalu lock alpha lalu tambahkan extra shading dengan warna yg lebih gelap atau terang. Begitu juga dengan warna kulitnya. Screenshot nya kehapus maaf nanti edit lagi :''

Untuk backgroundnya saya pakai Ibis Paint karena banyak vektor yg bisa ditempel heuheu... :"v


My another artwork.. ini semua juga pake layerpaint HD, jari, dan android : (mau lihat lebih banyak bisa lihat ig saya : @piahstasian )<promote heuheu..




Okay sekian tutor dari saya.. maafkanlah saya yang membuat tutor gaje ini TvT... karena saya juga masih harus banyak belajar TvT. Lagian ini tutor pertama saya... Kalo misalnya ada yg mau ditanyakan atau koreksi boleh leave comment hehe TvT. Sekian terima kasih♡ Semoga membantu see ya! :3





Komentar

  1. Pertamax dapat apa *dilempar*

    Oke... Akan lebih membantu lagi kalau ditambahin tutorial anatomi... Apalagi banyak yg newbie

    BalasHapus
  2. Mbak nama ignya sekarang apa?abis pas saya cari piahstasian g ada lagi:)

    BalasHapus
  3. Gg parah makan apa kau bisa skren ini

    BalasHapus
  4. Cara warnai kulit nya gimana

    BalasHapus
  5. Kak ukuran Line art nya berapa yg bagus

    BalasHapus

Posting Komentar